Subscribe:

ambil madunya namun jangan hancurkan sarangnya

About Me

Foto Saya
Suraban
UNIAT Jakarta
Lihat profil lengkapku

Sabtu, 13 November 2010

Ilmu Negara

lihat dulu men yaDalam susunan kurikulum Fakultas Hukum Ilmu negara merupakan mata kuliah tingkat persiapan seperti Pengantar Ilmu Hukum dan mata kuliah lainya.
Ilmu Negara adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki asas-asas pokok dan pengertian pokok tentang Negara dan hukum tata negara. Pengertian-pengertian dalam ilmu negara pada umumnya bersifat tetap namun asasnya sering kali berubah ubah yang disebabkan oleh pandangan hidupdan keduniaan dari masyarakat yang berbeda-beda.

Aliran-aliran dalam ILmu Negara

Socrates, Terkenal dengan "theoria" menurutnya tugas negara adalah membidik warga negara dalam keutamaan yaitu memajukan kebehagiaan para warganegara dan membuat jiwa mereka sebaik mungkin.
Plato, terkenal dengan teorinya "politeia" ia menyamakan negara dengan manusia yang memiliki 3 kemempuan jiwa yaitu kehendak, akal pikiran, dan Perasaan.
Aristoteles, Tekenal dengan teorinya "politica" mengemukakan 3 bentuk negara sempurna, tugas negara adalah menyelenggarakan kepentingan umum, akan tetapi kenyatan yang ada adalah bentuk kemerosotan karena penyelewengan pihak penguasa. 
 Thomas Aquino, menerangkan bahwa kedudukan negara di dalam masyarakat berpangkal pada manusia sebagai mahkluk masysarakat (animal social) disamping manusia sebagai mahkluk politik(animal politicum).
Aliran Calvinis, menurut golongan ini kekuasaan negara merupakan pemberian fari tuhan yang dipegang oleh seorang raja. Asanya yang terkenal adalah kedaulatan di lingkungan sendiri artinya bahwa mereka bebas dalam menyelenggarakan kepentinganya sendiri tanpa dicampuri oleh negara karena mereka menganggap bahwa kedaulatan itu berasal dari tuhan.
Hegel, yaitu menggunakan metode "dialektika" suatu metode dengan mengemukakan thesis yang kemudian disangkal dengan antitesis. Ajaran hegel mengundang ajaran yang mutlak yang disebut absolut idealisme dengan ajaran ini timbul anggapan bahwa negara harus didewakan dan menyebabkan adanya paham tentang kedaulatan negara yaitu menganggap bahwa semua kekuasaan bersumber pada negara.
Karl marx, Ajaranya disebut sosialisme ilmiahyaitu suatu sosialisme yang telah memperoleh penilaian sebagai ilmu pengetahuan karena ajaranya mengandung kebenaran bagi kaum komunis. Ajaranya tentang ilmu negara terdapat dalam bukunya yang berjudul "Dascomunistische Manifest" tahun 1848. menyatakan bahwa negara akan tetap ada sebagai suatu organisasi akibat dari suatu penjelmaan dari sejarah dan sebagai hasil dari kehidupan manusiaitu sendiri jika kemajuan dalam proses produksi dan pembagian kerja terdapat dan selama hak milik memegang peranan yang penting. sejak itu negara disebut sebagai negara kelas.
Aliran Fascisme, terjadi sekitar tahun 1922-1944 sebelum Perang Dunia Kedua. Paham ini ada di Italia.Sifat-sifat paham fascisme yaitu :
  1. Tidak ada pembagian kekuasaan
  2. Kedaulatan tertinggi ada pada negara
  3. Tidak boleh ada pendapat yang bertentangan dengan negara
  4. Hanya ada satu partai Elit dan partai lainya tidak diakui
  5. Negara mengaturseluruh kehidupan manusiadengan disiplin yang keras mempengaruhi kemauan serta pikiranya.
Aliran National Sosialisme,Paham ini mempunyai pengaruh yang besar di jerman sebelum perang dunia kedua. pahan ini menganggap bangsa jerman lah yang paling utama di dunia.Paham ini dihidupkan atas mytos bangsa Jermana yang mempunya kedudukan lebih tinggi dari semua bangsa2 di dunia.


Aliran Liberalisme,Paham ini dipelopori oleh Imanuel Khant Yng menghendaki kebebasan rakyat dari campur tangan Pemerintah dengan mengemukakan unsur yang penting dalam negara hukum sepoerti hak asasi manusia, dan pembagian kekuasaan negara.




Ilmu Negara Dalam Hubunganya dengan Ilmu Politik Dan Ilmu Kenegaraan

 




















0 komentar: