Pages

Subscribe:

ambil madunya namun jangan hancurkan sarangnya

About Me

Foto Saya
Suraban
UNIAT Jakarta
Lihat profil lengkapku

Senin, 08 November 2010

Pengantar Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang memelajari bagaimana mengelola sumber daya yang terbatas untuk menghasikan barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan manusia saat ini dan masa yang akan datang.
Prof.PA.Samuelson mendefinisikan ilmu ekonomi adalah study mengenai individu-individu dan masyarakat membuat pilihan dengan atau tanpa menggunakan uang dengan menggunakan sumberdaya yang terbatastetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikanya untuk kebutuhan konsumsi sekarang dan masa yang akan datang,kepada indiviidu dan golongan masyarakat.

Alasan mengapa belajar ilmu ekonomi yaitu :
  1. Memperbaiki cara berfikir yang membanrtu dalam pengambilan keputusan
  2. Membantu memahami masyarakat
  3. Membantu memahami masalah global
  4. Bermanfaat membangun masyarakat demokrasi
Memperbaiki cara berfikir yang membantu dalam pengambilan keputusan adalah alasan yang utama.Ada 3 konsep fundamental cara-cara memperkenalkan ilmu ekonomi yaitu
  1. Biaya Peluang, adalah biaya yang dikeluarkan bila kita mengambil suatu keputusan, misalkan :Rumah tangga harus memutuskan bagaimana membagi pendapatan untuk membeli barang dan jasa yang teresedia, Orang harus menentukan apakah bekerja atau tidak, Bagi perusahaan, menentukan apa yang harus diproduksi, berapa banyak yang harus diproduksi, berapa biaya yang harus dikeluarkan, dan kemana barang itu akan dipasarkan.
  2.  Marginalisme, yaitu biaya yagn tidak dapat dihindari, yaitu lepas dari apa yang dilakukan di masa mendatang kerana biaya sudah dikeluarkan.
  3. Pasar efisien, yaiatu suatu pasar dimana peluang laba menghilang secara cepat. misalkan tidak ada makan siang gratis
Ruang lingkup ekonomi terbagi menjadi 2 yaitu ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro. Ilmu ekonomi mikro adalah membahas pemfungsian masing-masing pasar dan industri serta perilaku unit-unit pengambilan keputusan individual, perusahaan, dan rumah tangga. sementara Ilmu ekonomi makro adalah membahas perekonomian secara keseluruhan, yaitu mencakup perilaku ekonomi nasional, pendapatan nasional, tingkat harga keseluruhan dan tingkat inflasi umum.

Kegiatan Ekonomi adalah suatu kegiatan seseorang, suatu perusahaan, maupun masyarakat, untuk memproduksi barang dan jasa maupaun menggunakan atau mengkonsumsi barang dan jasa tersebut.

Masalah pokok perekonomian berada pada kelangkaan dan kebutuhan masyarakat itu sendiri, dimana kebutuhan masyarakat itu tidak terbatas sementara alat pemuas keutuhan itu terbatas. Sehingga jika dilihat dari situ maka masalah pokok yang dikaji oleh ilmu ekonomi antara lain :
  1. Barang apakah yang akan diproduksi dan berapa banyaknya, artinya barang yang diproduksi itu sesuai dengan jumlah permintaan konsumen dan barang tersebut memang dibutuhkan oleh konsumen. jadi tidak memproduksi barang dalam jumlah yang besar walaupun barang itu dibutuhkan konsumen
  2. Bagaimana caranya barang tersebut diproduksi, artinya untuk menghasilkan suatu barang harus mengetahui tehnik dan cara memproduksinya supaya hasil yang dihasilkan memuaskan.misalnya pertanian harus menggunakan bibit unggul,perkebunan melakukan pencangkokan,perikanan memakai kapal yang canggih
  3. Untuk siapa barang dan diproduksi, masalah yang satu ini berdimensi keadilan dan pemerataan, intinya untuk apa barang dan jasa diproduksi secara melimpah jika yang menikmati hanya sebagian orang saja yang mampu.jadi barang diproduksi harus merata supaya masyarakat di berbagai lapisan bisa menikmatinya.jumlahnya silahkan beda yang penting apakah sesuai kebutuhan atau tidak.
Dalam kehidupan sehari hari setiap indifidu, perusahaan, dan masyarakat selalu menghadapi persoalan- persoalan yang bersifat ekonomi, sehingga perlu membuat keputusan tentang cara yang terbaik untuk melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi itu sendiri meliputi :
  1. Usaha individu, perusahaan, dan perekonomian secara keseluruhan untuk memproduksi barang dan jasa yang mereka butuhkan.
  2. Kegiatan untuk menggunakan suatu barang dan jasa yang diproduksikandalam perekonomian.
Jadi secara garis besarnya kegiatan ekonomi adalah kegiatan seseorang atau suatu perusahaan maupun masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa maupun untuk mengkonsumsi barang dan jasa tersebut.

Dalam memproduksi suatu barang harus mempertimbangkan adanya faktor-faktor produksi. Faktor-faktor produksi adalah benda-benda yang disediakan oleh alam atau diciptakan oleh manusia yang dapat digunakan untuk memproduksi barang dan jasa. Faktor-faktor produksi antarra lain :
  1. Sumber daya alam dan tanah
  2. Tenaga kerja, yang terdiri dari tenaga tidak terampil, tenaga kerja tidak terlatih,tenaga kerja tidak terampil dan terlatih, tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih, dan tenaga kerja terdidik dan terlatih.
  3. Modal,  yaitu merupakan benda yang diciptakan manusia yang digunakan untuk memproduksi suatu barang dan jasa yang dibutuhkan
  4. skill/keahlian, yitu berbentauk keahlian dan kemampuan pengusaha untuk mendirikan atau mengembangkan berbagai kegiatan usaha.

Jenis-jenis analisa ekonomi :
  1. Ekonomi Deskriptif, yaitu analisis yang menggambarkan keadaan yagn sebenarnya dalam perekonomian.
  2. Teori Ekonomi, yaitu pandangan yang menggambarkan sifat hubungan yang diwujukan dalam kegiatan ekonomi dan ramalan tentang peristiwa yang terjadi apabila suatu keadaan yang mempengaruhinya mengalami perubahan. teori ekonomi membari pandangan atau gambaran tentang sifat-sifat utama dari sistem ekonomi dan bagaimana sistem ekonomi dapat berfungasi. teori tanpa kenyataan tak ada gunanya dan mengetahui keutamaan saja tanpa teri tidk berarti sama sekaali.
  3. Ekonomi Terapan, yaitu cabang ekonomi yang menelaah tentang keijaakan yang perlu dilaksnakan untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi. 
Daalam merumuskan kebijakan-kebijakan ekonomi yang harus dioperhatikan tujuan dari kebijaakan ekonomi. Tujun yang ingin dicapai adalah :

  • mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat
  • mencipatkan kesetabilan harga
  • mengatasi masalah pengangguran
  • mewujudkan distribusi pendapatan yang merata.  

Dalam teori ekonomi terdpat dua pernyataan yang memiliki perbedaan yang sangat berarti yaitu pernyatan positif dan pernyataan normaatif. Pernytan positif, adalah pernytaaan yang merujuk pada kondisi yng sebenarnya terjadi berdasarkan fakta yang adasehingg dapat dibuktikan keabsahaanya. misalnya harga suatu baarang akan meningkat manakala baranag tersebut langka di pasaran.Menurut pendapat para ahli ekonomi,pernyatan positif adalah murni pernyataan sebagai ilmuan. Pernyataan normatif adalah pernyataan petunjuk  yang mengaandung arti apa sebaiknya yang harus bila ingin sesuatu yang diharapkan menjadi kenyaataan. contohnya peningktan kesejahteraan masyarakat harus dilakukan dengaan cara mempercepat pertambahan pendapatan nasionl. dikatakan normatif karena pernyataan itu bukanlah berdasarkan fakta yang berlaku dimana-mana sehingga belum dapat di jadikan dasarteori yang berl;aku umum.

Sifat-sifat teori ekonomi

 Teori ekonomi mempunyai sifat sebagai berikut :
  1. Definisi, yaitu dengan menjelaskan dengan sebaik baiknya variabel-variabel yang sifatnya akan diterangkan dalam teori-teori tersebut. misalnya apa itu harga, biaya, ongkos, konsumsi, produksi, dsb
  2. Asumsi, tujuanya untuk membatasi analisanya agar teori dan hukum-hukumnya dapat berlaku dengan baik. misalnya penawaran suatu produk akan meningkat jika harga suatu produk itu naik.
  3. Hipotesa, yaitu pernyataan mengenai bagaimana variabel-variabel yang dibicarakan berkaitan satu sama lain.tujuanya untuk memberikan batasan kesimpulan mengenai sesuatu yang diteliti/dianalisa.
  4. Ramalan, ini merupakan inti dalam ilmu ekonomi. karena kehebatan ilmu ekonomi terletak pada kemampuan membaca tanda-tanda kejadian ekonomiyang terjadi pada masa lalu dan sekarang untuk menentukan masa yang akan datang.
 Pola-pola kegiatan Ekonomi

Pola Subsisten, Ditandai dengan adanya produksi yang dilakukan  hanya diperuntukan untuk konsumsi semata. Semua produksi habis untuk dikonsumsi. kegiatan perdagangan dilakukan dengan barter.pola ini disebut juga pola perekonomian barter.

Pola perekonomian modern, Dalam pola ini sudah ada pemisahan yang jelas antar pelaku kegiatan ekonomi. Uang dijadikan alat untuk tukar menukar barang.

Menurut Fungsinya Kegiatan Ekonomi dibedakan menjadi 3 golongan,yaitu
  1. Perusahaan, Berfungsi sebagai produsen barang dan jasa yang diperllukan rumah tangga, pemerintah dan perusahaan lain.
  2. Rumah Tangga, Sebagai penyedia faktor-faktor produksi dan sebagai konsumen barang dan jasa
  3. Pemerintah, Bertindak sebagai pengatur kegiatan ekonomi dan produksi barang yang tidak dapat dihasilkan pihak swasta.
Pasar Bebas

Ciri-ciri pasar bebas yang baik yaitu :
  • Memberi informasi yang lebih tepat
  • Merangsang kegiatan produksi
  • Menggalakan masysarakat untuk mengembangkan keahlian
  • Memberikan kebebasan masyarakat untuk menjalankan kegiatan yang disukainya.

 Kelemahan-kelemahan Pasar bebas :
  •  Kebebasan yang tidak terbatas menindas golongan tertentu
  • Kegiatan ekonomi tidak stabil
  • Menimbulkan ketidaksetaraan dan monopoli
  • Banyak jenis barang yang tidak akan diproduksi dalam sistem pasar bebas
Dengan adanya kelemahan pasar bebas di berbagai negara pemerintah akan campur tangan dalam kegiatan ekonomi dengan tujuan untuk mengatasi masalah yang akan timbul. Campur tangan pemerintah ini adalah :
  • Membuat Peraturan
  • Menjalankan kegiatan ekonomi
  • Menjalankan kegiatan fiskal da moneter
 Untuk keterangan lebih lanjut silahkan klik disini !!!



Konsep Elastisitas

Dalam prakteknya di kalangan pelaku bisnis konsep elastisitas ini jarang dimanfaatkan untuk penentuan strategi bisnis, misalnya strategi penentuan harga ataupun strategi pengurangan beban pajak, atau strategi lainya. alasanya adalah sulitnya mengumpulkan data yang terukur dan runtut dari waktu ke waktu, padahal baik tidaknya pemanfaatan konsep elastisitasbergantung pada tersedia atau tidaknya data yang akurat.









    0 komentar: