Pages

Subscribe:

ambil madunya namun jangan hancurkan sarangnya

About Me

Foto Saya
Suraban
UNIAT Jakarta
Lihat profil lengkapku

Jumat, 12 November 2010

Hukum Islam

Alasan-alasan mengapa Hukum Islam diwajibkan dalam kurikulum Fakultas Hukum di seluruh Indonesia? yaitu, :

Alasan sejarah, kurikulum Hukum Islam sudah ada di Indonesia sejak penjajahan Belanda. Pada saat penjajahan Belanda di semua sekolah tinggi hukum yang didirikan pemerintahan Belanda maupun daerah jajahanya tercantum mata kuliah Hukum Islam, disamping itu diajarkan juga lembaga-lembaga Islam, yang keduanya digabung menjadi satu namanya Mohammedaansch Recht en Instellingen van den Islam.
Namun perlu dicatat bahwa penamaan itu tidaklah tepat sebab berbeda dengan hukum-hukum yang lain. Hukum Islam adalah hukum yang bersumber dari agama islam yang berasal dari allah swt. dan berbeda dengan agama lain. Agama Islam bukan agama yang didasarkan pada pribadi penyebarnya tetapi pada Allah sendiri.

Alasan Penduduk,  Menurut sensus 1980 penduduk Indonesia sekitar 88.09 % mengaku beragama Islam. Karena mayoritas Islam maka sejak dahulu para para pegawai, pejabat, dan para pemimpin yang akan bekerja di Indonesia selalu di bekali dengan keislaman.

Alasan Yuridis,
Di Indonesia Hukum Islam berlaku secara normatif dan formal yuridis. Secara normatif hukum islam berlaku mempunya sanksi kemasyarakatan apabila melanggar norma. Kuat tidaknya sanksi kemasyarakatan yang dimaksud tergantunng pada lemah kuatnya kesadaran umat islam.misalnya sholat,puasa, zakat, dan haji. Secara formal yuridis yaitu adanya Undang-undang misalnya undang-undang perkawinan, hukum kewarisan, hukum wakaf yang telah dikomplikasikan (1988), hukum zakat, dan sebagainya.

Alasan konstitusional, yaitu tertuang dalam pasal 29 ayat (1) Undang-Undang dasar 1945 yang manyatakan bahwa Negara berdasar atas ketuhanan yang maha esa.

Alasan ilmiah, Hukum islam telah dipelajari secara ilmiah,bukan oleh orang islam sendiri melainkan orang non islam. Orang  barat misalnya, telah mempelajari islam untuk kepentingan berbagai tujuan yang selalu berubah-ubah. Orang barat mempelajari islam dan hukum islam untung menyerang islam dan untuk mempertahankan daerah jajahanya. yaitu daerah jajahan di afrika,timur tengah, dan asia yang mayoritas penduduknya beragama islam. Cristian Snouck Hurgronje.seorang penasehat pemerintah kolonial belanda terkenal dengan teori recepsi dan politik islamnya memuat garis-garis besar kebijaksanaan pemerintahan hindia belanda dahulu dalam menghadapi dan mengendalikan islam di indonesia.


Islam

0 komentar: