Pages

Subscribe:

ambil madunya namun jangan hancurkan sarangnya

About Me

Foto Saya
Suraban
UNIAT Jakarta
Lihat profil lengkapku

Kamis, 11 November 2010

Pendidikan Pancasila

Pancasila

Pancasila adalah dasar filsafat negara Republik indonesia yang secara resmi disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945, yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alenia ke empat, diundangkan dalam berita republik Indonesiatahun II no 7 bersama sama dengan batang tubuh UUD 1945.

Landasan Pendidikan Pancasila

A. Landasan Historis

Bangsa Indonesia terbentuk melalui proses yang panjang sejak jaman kerajaan Kutai, sriwijaya, majapahit, sampai datangnya bangsa lain yang menjajah bangsa ini. Dari berbagai macam perjuangan yang dilalui akhirnya bangsa ini menemukan jaati dirinya sebagai bangsa yang yang merdeka. yang di dalamnya tersimpul ciri khas, sifat, dan karakte bangsayagn berbeda dengan bangsa lain, yang oleh para pendiri bangsa dirumuskan meliputi lima sila yaitu Pancasila.

B. Landasan Kultural

Bangsa indonesia mendasarkan pandangan hidupnya dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara pada asas kultural yang dimiliki dan melekat. nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila pancasila bukan hanya sebagai konsep melinkan suatu hasil karya besar bangsa indonesia, yang diangkat dari nilai-nilai kultural yang dimiliki bangsa ini melalui proses refleksi filosofis para pendiri bangsa, serta para tokoh-tokoh bangsa ini.

C. Landasan Yuridis

Undang-undang no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Pasal 1 ayat 1 disebutkan bahwa pendidika nasional berdasarkan pancasila. Dalam SK Dirjen DIKTI No. 43/DIKTI/Kep/2006 dijelaskan bahwa misi endidikan kewarga negaraan adalah untuk memantapkan kepribadian mahasiswa agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai-nilai dasar pancasila, rasa bangga dan cinta tanah tanah air.

D. Landasan Filosofis

Bangsa Indonesia sebelum mendirikan nefara adalah sebagai negara yang berketuhanan dan berkemanusiaan, hal ini menyatakan bahwa manusia adalah makhluk tuhan yang maha esa. Syarat mutlak susatu negara adalah adanya persatuan yang terwujudkan sebagai rakyat sehingga secara filosofi negara berpersatuan dan berkerakyatan.konsekuensinya rakyat adalah merupakan dasar entologis demokrasi, karena rakyat merupakan asal mula kekuasaan negara.

Pengertian Pancasila

a. Secara Etimologis

 

0 komentar: