Pages

Subscribe:

ambil madunya namun jangan hancurkan sarangnya

About Me

Foto Saya
Suraban
UNIAT Jakarta
Lihat profil lengkapku

Rabu, 23 Maret 2011

psikologi

Tidak ada orang yang tidak mengenal psikologi. psikologi telah mengakar di semua aspek kehidupan manusia. Psikologi juga telah mempengaruhi kehidupan kita melalui hukum dan peraturan yang berlaku dalan masyarakat. teori dan riset psikologi telah mempengaruhi hukum tentang diskriminasi,hukum berat, pornografi, prilaku seksual, dan kondisi syarat penahanan seseorang untuk mempertanggungjawabkan pertanggungjawaban juga dipengaruhi oleh psikologi.


Pada dasarnya struktur pembentuk kepribadian manusia yaitu :
  1. ID
  2. Ego
  3. Super ego
ID, yaitu struktur kepribadian manusia yang menunjukan sebuah hasrat,dorongan, dan nafsu. misalkan hasrat atau keinginan untuk memiliki sesuatu barang,jabatan, dll

Ego,yaitu struktur kepribadian manusia yang menunjukkan suatu kenyataan yang ada. misalnya keadaan atau fasilitas yang dimiliki seseorang. jika ego ini lemah maka ada kemungkinan seseorang berperilaku menyimpang

Super ego,yaitu struktur kepribadian manusia yang menunjukkan sebuah norma pribadi, apa yang seharusnya dilakukan atau tidak di lakukan.

contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari, yaitu seseorang yang memiliki id kuat,sementara ego lemah maka superegonya yang menentukan untuk berbuat. " budi ingin memiliki sebuah hp namun tidak punya uang,bagaimana caranya untuk memiliki hp?" jika super egonya lemah juga maka akan berperilaku menyimpang. dia bisa mencuri, merampok atau menodong.

Pembentukan perilaku
Pembentukan perilaku manusia  dipengaruhi oleh 3 hal pokok,yaitu
  1. Model
  2. Kondisioning
  3. Insight
Model, dengan ini menunjukan seseorang meniru model yang sedang trend,biasanya dipengaruhi oleh figur tertentu. misalkan gaya model rambut, gaya model celana yang sedang tren atau meniru model-model yang lainya yang saat itu pula sedang trend.
Konditioning,pembentukan prilaku yang dipengaruhi oleh pembiasaan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. misalnya kebiasaan bangun pagi.
Insight,yaitu pembentukan perilaku yang didapat dari pencerahan,misalnya mahasiswa yang pergi ke kampus memakai pakaian yang sopan,bersepatu, memakai celana panjang. kalau tidak ada insight pasti memakai celana pendek kan? tidak bersepatu, dan lain sebagainya.

Masa rawan dalam daur perkembangan manusia :
  1. Masa Edden Age (0 - 5th). Masa paling berpengaruh dalam pembentukan kepribadian seseorang, dimana dalam masa ini seseorang masih kosong danbaru diisi banyak pelajaran dari orang tuanya, jika orang tua salah dalam memberi pendidikan maka pada masa berikutnya akan berpengaruh dalam perilakunya. contoh kejadian ekstrim dalam masa ini adalah condact disorder,tuna laras, ADHD ( mengalami hiperaktif)
  2. Masa Pubertas (11 - 14). kejadian yang sering dialami pada masa ini adalah storm and stres, artinya seseorang suka marah-marah tapi ga jelas penyebabnya.
  3. Quarter Life Crisis (20 - 30). Pada masa inilah seseorang benar-benar berada dalam puncaknya. disinilah masa seseorang dikatakan mapan. pada masa ini pula terjadi syndrom paterpan.
  4. Emtynes ( 45th >). Masa ini sering disebut masa kosong. artinya sesorang akan berhenti beraktifitas karena sudah merasa dirinya tua. dan merasa sudah tidak ada harapan untuk mencari kesuksesan dalam berkarir.
Perilaku Menyimpang
 Dalam lingkup ilmu psikologi adanya perilaku menyimpang ada dalam psikologi abnormal, dalam berbagai jenis perilaku abnormal terdapat perilaku menyimpang yang merupakan pelanggaran norma atau kaidah hukum. yang merupakan perilaku menyimpang yang berupa pelanggaran terhadap kaedah hukum , seperti kleptomania, dipsomania, erotomaniak.

Untuk mengetahui perilaku menyimpang dapat dilakukan melalui pendekatan dari faktor-faktor berikut :
  1. IQ , atau biasa disebut kecerdasan. IQ ini sebenarnya dibagi menjadi 2 kategori yaitu Fluit intelegence dan Cristalized intelegence. Fluit intelegence didapat dari  pendidikan formal ilmu pengetahuan umum. yaitu di sekolah, sementara titik puncak berada pada usia 18-19 tahun. setelah lewat dari usia itu maka seseorang akan susah sekali mengingat kembali walaupun dijejeli ilmu apapun itu. Cristalized Intelegene, yaitu didapat dari pengalaman hidup masing-masing individu. disinilah seseorang bisa menentukan sikap bijak ataupun tidak bijak.
  2. Usia , yaitu usia mengenai masa rawan dalam daur perkembangan yang sudah di jelaskan diatas. Pada umumnya perkembangan seorang anak dipengaruhi oleh kedua orang tuanya. prosentase kepintaran yaitu 60 : 40 dari  ibu : ayah. sementara pembentukan perilaku prosentasenya yaitu 40 : 60 dari ibu : ayah. 
  3. Jenis Kelamin. Jenis kelamin ini sangat menentukan masalah kepribadian seseorang. Laki-laki lebih cenderung terlihat jika bertindak dibanding seorang wanita. seorang wanita lebih cenderung melakukan kejahatan putih. misalnya gosipin seseorang yang lebih condong pada pembunuhan karakter.
  4. Keterlambatan pertumbuhan dewasa ( Late development ).  hal yang sering terjadi yaitu Agraphia.
  5. Faktor Psikologis, yaitu stres dan depresi. Stres ada 2 macam yaitu eustres ( masih bisa dikelola )dan distres ( mengarah ke depresi ). jika sudah di katakan depresi seseorang akan bertindak secara irasional.

0 komentar: